Pasti banyak diantara kita yang belum tahu apa itu orienteering. Yup, saya sendiri juga baru tahu 5 tahun yang lalu. Memang orienteering hanya populer di kalangan terbatas: militer, pramuka, dan pecinta alam. Orienteering adalah kegiatan outdoor dimana kita mencoba mencocokkan gambar di peta dengan kondisi alam sesungguhnya. Dalam orienteering ini kita berbekal sebuah peta dan dengan bantuan kompas mencoba menemukan titik yang telah ditentukan, baik yang telah diplot ke peta maupun yang berupa suatu koordinat. Untuk titik yang masih berupa koordinat, kita harus memindahkannya terlebih dahulu kedalam peta.

Kegiatan orienteering bisa disebut olah raga, bisa juga disebut game. Kegiatan ini akan lebih seru jika dijadikan lomba atau kompetisi, dimana beberapa team saling bersaing untuk memperoleh titik sebanyak-banyaknya dengan waktu yang telah dibatasi. Peta yang dipakai dalam lomba orienteering adalah peta topografi yang dicetak khusus dengan skala kecil (biasanya 1:25.000) yang memungkinkan para peserta memperoleh gambaran yang lebih detil.

Teknis lombanya, masing-masing team akan diberi titik-titik koordinat yang harus mereka capai. Masing-masing titik ini mempunyai skor yang berbeda-beda, tergantung dari tingkat kesulitan pencapaiannya. Pada tiap-tiap titik itulah terdapat bendera / tanda yang dilengkapi dengan kartu kontrol. Team yang mencapai suatu titik harus mencatatkan dirinya di kartu kontrol. Kekuatan dan ketahanan fisik menjadi kunci utama untuk memenangkan suatu lomba orienteering (selain kemampuan dasar membaca peta tentunya). Untuk memenangkan suatu lomba kita dituntut untuk berlari sepanjang lomba. Team yang mempunyai endurance yang baguslah yang akan memenangkan suatu lomba.

Di Indonesia, lomba orienteering masih jarang diselenggarakan. Salah satu instansi pemerintah yang rutin menyelenggarakan lomba orienteering setiap tahunnya adalah kementerian pemuda dan olah raga dengan MOC-nya (Menpora Orienteering Competition). Selain itu, lomba ini paling sering diadakan koleh komunitas Pecinta Alam.

About these ads