Bagi adik-adik mahasiswa baru pada khususnya dan para kontraktor (pengontrak rumah/kamar🙂 ) pada umumnya, berikut ini ada beberapa tips memilih kost yang baik. Urutan berdasarkan prioritas:

  • Lokasi
  1. Dekat dengan masjid. Mengapa saya taruh di urutan pertama? baca aja di sini. Dekat dengan masjid maka sholat jama’ah kita akan terjaga.
  2. Dekat dengan kampus atau tempat kerja. Anda tak perlu bergabung dengan jutaan manusia yang tiap harinya menghabiskan waktu berjam-jam di jalan saat pergi dan pulang kampus/kantor.
  3. Dekat dengan rumah makan/warteg. Kadang-kadang rasa malas bisa mengalahkan segalanya. Sering kali kita menunda atau bahkan tidak makan dengan alasan malas beli makan jauh-jauh. Akhirnya mie instanlah yang menjadi pelariannya.
  4. Dekat dengan tempat belanja kebutuhan sehari-hari. Tak perlu dekat dengan mall atau supermarket. Cukup dekat dengan sebuah mini market atau toko kelontong super lengkap. Itu saja sudah cukup bagus.
  5. Akses menuju kost mudah: mobil bisa mencapai gerbang kost, tidak terlalu jauh dengan akses angkutan umum. Dekat dengan jalan raya akan memudahkan mobilitas kita. Hanya saja, jangan terlalu dekat dengan jalan protokol. Ketenangan kalian bisa terganggu jika kamar kita persis disebelah jalan raya.
  • Fasilitas
  1. Air lancar dan bersih. Saat melihat sebuah kost, pertama yang saya periksa adalah kondisi airnya apakah lancar dan bersih.
  2. Kamar mandi/WC tersedia cukup untuk seluruh penghuni kost. Saya berpengalaman menempati beberapa kost yang kondisi WCnya sangat memprihatinkan: harus antri sejak pagi buta dan septik tanknya tak cukup menampung “amunisi” dari para penghuni kostnya, he he he.
  3. Usahakan cari kost yang telah menyediakan kasur, meja-kursi serta lemari pakaian agar kita tidak keluar biaya tambahan.
  4. Cari kost yang tidak menarik biaya tambahan untuk listrik, air, kemanan dan kebersihan.
  5. Tersedia parkir sepeda/sepeda motor yang memadai. Nilai tambah tersendiri jika tersedia parkir mobil.
  6. Tersedia ruang TV dan ruang tamu.
  7. Nilai tambah jika kost tersebut menyediakan dapur untuk memasak.
  • Kondisi Kost
  1. Kamar cukup luas. Bisa menampung kasur/tempat tidur, meja kursi belajar, lemari pakaian dan tersisa space untuk tempat sholat.
  2. Ventilasi kamar yang memadai. Sinar matahari bisa masuk ke kamar. Pertukaran udara bisa berjalan dengan lancar. Bisa dilihat dari ada tidaknya jendela dan kisi-kisi di atas jendela dan pintu kamar.
  3. Hindari kost yang beratap seng atau asbes. Kamar kost yang beratap seng/asbes cenderung bersuhu panas, kecuali jika jarak lantai dan atap cukup tinggi. Asbestos juga dikenal sebagai bahan berbahaya penyebab kanker.
  4. Lingkungan kost bersih. Jauh dari genangan comberan/septik tank dan jauh dari tempat pembuangan sampah.
  5. Lingkungan yang kondusif, jauh dari jalan protokol, jauh dari pusat keramaian.
  6. Cari kost yang penghuninya asik diajak ngobrol, orang baik-baik, enak dimintain tolong🙂.
  7. Cari kost yang pemilik dan penjaganya enak: mendengar keluhan penghuni kost dan tidak resek (terlalu rajin menagih uang kost🙂 ).

Last but not the least, cari kost dengan harga bersaing. Selamat berburu kost.

Disarikan dari pengalaman kost dari 2001-sekarang. Ada yang mau nambahin?

-profil anak kost dodol baca di sini-