Cuma ada 922 jumlahnya di seluruh dunia. Tersebar diseluruh penjuru nusantara, di setiap propinsi dipastikan ada. Beberapa dari mereka terpencar ke manca negara: England, Australia dan Jepang. Masing-masing mempunyai nomor, berurutan dari nomor 001 hingga 922. Antara nomer 1 dan nomer 922 terpaut waktu lahir 31 tahun.

we are stapala

stapala

Kami biasa menyebutnya nomer SPA. Nomer ini diberikan saat upacara pelantikan menjadi anggota Stapala. Nomer urut biasa memang, tapi setiap anggota pasti akan menganggap istimewa nomer-nomer yang melekat padanya. Nomer inilah identitas masing-masing anggota.

Nomer kecil dipegang oleh pendiri-pendiri organisasi ini, angkatan 1979. Nomer terakhir, 922 adalah hasil diklat 2010. Daftar anggota Stapala dari masa ke masa bisa dilihat di sini.

Seberapa berarti nomer-nomer ini bagi anggotanya? Gak bisa diukur. Hanya saja, kita bisa liat apa yang mereka lakukan dengan nomer-nomer itu.

Ada yang menjadikannya sebagai nama email (ini yang paling banyak). Ada pula yang menambahkannya pada nama akun facebook dan twitter mereka.

Beberapa anggota sengaja mencari nomor HP yang berakhiran sama dengan nomor SPA. Dan yang paling gila tentu saja Mas Firstananto, dia jadikan nomor SPAnya menjadi nomor plat mobil kesayangannya. Kalo saya sendiri? He he he, menyadari bentuk dasar tandatangan saya ada angka delapannya, maka saya bikin aja tanda tangan yang mengandung angka 802, nomor SPA saya.

Repotnya kalau bikin kostum bola. Nomor punggung pun harus disesuaikan dengan nomor SPA. Akibatnya, nomor punggung pemain jadi kebanyakan nomor, sampai tiga digit🙂.

Saat berkomunikasi antar anggota di milis Stapala, nomor SPA wajib dicantumkan di setiap akhir pesan. Kalau tidak, mmm, siap-siap saja di ”pekok”in seluruh member milis.

Memang ada anggota yang gak ingat lagi berapa nomer SPA-nya, terutama anggota senior. Akan tetapi bagi anggota Stapala tulen, nomor ini akan selalu dikenang. Meski bukan nomer cantik, meski bukan nomer kecil, nomer ini adalah stempel, bahwa kami adalah Stapala.

-Dosko Purnomo Jati, 802/SPA/2006-

Pingin punya nomer SPA? Mari bergabung dengan keluarga besar Stapala!

Join with us. Diklat Stapala 2011. Coming soon!

diklat stapala 2011

Pendidikan Dasar Stapala 2011