Dalam sejarahnya, Wanadri Orienteering Games (WOG) telah dilaksanakan sebanyak 3 kali. WOG I diadakan di Telaga Warna, Puncak, Bogor pada tahun 1999. WOG II tahun 2001 juga diselenggarakan di Telaga warna sedangkan WOG III tahun 2002 diselenggarakan di Ungaran, Jawa Tengah.

Pada penyelenggaraan WOG yang ke IV di Telaga Warna tahun ini, selain kelas Foot Orienteering, diadakan pula eksibisi Bike Orienteering. Bike O merupakan kelas dalam Orienteering yang belum begitu populer di Indonesia.

WOG 2o11

WOG kali ini diikuti oleh 16 team Foot O dan 10 peserta Bike O. Jumlah peserta yang terlalu minim untuk event yang memperebutkan total hadiah 30 juta rupiah. Mungkin karena event ini berlangsung bersamaan dengan Lomba orienteering Brahmahardhika (LOB) XVI. LOB ini disebut-sebut sebagai event Orienteering paling bergengsi di Indonesia.

Sistem lomba yang digunakan dalam Foot O adalah score event dengan dua etape. Etape pertama dilangsungkan pada hari Sabtu 23 Juli 2011. Etape ini terdiri dari 28 titik poin dengan total nilai poin 595. Waktu yang disediakan adalah 5 jam. Bagi tim yang bisa mencapai finish dalam waktu kurang dari 5 jam, akan diberikan bonus nilai tambahan 3 poin per menit dengan maksimal bonus 90 poin (30 menit), sehingga poin maksimal dalam etape I adalah 685 poin. Bagi team yang melewati waktu maksimal 5 jam dikenakan penalty (pengurangan nilai) 5 poin permenit.

Sedangkan untuk etape kedua dilangsungkan pada hari Minggunya dengan jumlah titik poin 26, total nilai poin 430, bonus maksimal 90 (total nilai maksimal 520) dan waktu maksimal 5 jam.

Hasil Wanadri Orienteering Games, Kebun teh Ciliwung, Telaga warna, 23-24 Juli 2011
Foot O:

  1. Dinamik FT UMS. Hadiah utama 4 juta rupiah, piala bergilir, piala tetap, GPS dan merchandise.
  2. Kappa FT UI. Hadiah 3 juta rupiah, piala tetap, GPS dan merchandise.
  3. Makopala Budi Luhur. Hadiah uang 2 juta rupiah, piala tetap, GPS dan merchandise.

Bike O:

  1. Eko Yulianto (Dinamik juga neeh :D). Hadiah utama 1,5 juta rupiah, piala tetap, sepeda gunung dan merchandise.
  2. Yoppy Saragih. Hadiah uang 1 juta rupiah, piala tetap, sepeda BMX dan merchandise.
  3. Ahmad fauzan. Hadiah uang 5oo ribu rupiah, piala tetap, sepeda BMX dan merchandise.

Peserta dan official lainnya pun tak kalah beruntungnya, “diguyur” juga dengan door prize dari sponsor kegiatan. Acara penutupan WOG ini dimeriahkan oleh pentas music dari Maximum Theory, group band dari Yogyakarta.

Kesan dan saran dari peserta Foot O:

  1. Tidak disediakannya transportasi peserta lomba dari Jakarta atau Bandung menuju lokasi lomba mungkin saja menjadi salah satu penyebab minimnya peserta yang ikut, terutama untuk bike-O.
  2. Bonus nilai 90 untuk team yang finish sebelum waktu maksimal terlalu tinggi dibandingkan dengan nilai masing-masing titik poin yang berkisar antara 10 hingga 50 (untuk etape II bahkan poin maksimal satu titik poin hanyalah 35). Memang itu tergantung dari strategi masing-masing team, namun alangkah baiknya jika usaha keras sebuah team untuk menggapai suatu titik poin dengan mengorbankan waktu bonus lebih dihargai dibanding sebuah team yang lebih memilih menuju titik finish untuk mengejar waktu bonus.
  3. Total nilai Etape II lebih kecil dari total nilai Etape I. Menurut hemat saya, alangkah baiknya jika Etape I diibaratkan pemanasan dan Etape II-nya dianggap final, sehingga team yang kurang beruntung pada etape I bisa menebusnya dengan bertempur habis-habisan di etape II. Dalam lomba ini, ada team yang berhasil finish dengan catatan waktu fantastis dalam Etape II akhirnya tidak bisa mendongkrak posisi akhirnya di klasemen umum karena nilai Etape I-nya pas-pasan.
  4. Waktu lomba 5 jam untuk masing-masing etape terlalu longgar. Dibuktikan dengan banyaknya team yang bisa sapu bersih poin sekaligus mendapatkan bonus tambahan nilai.
  5. Salut untuk totalitas panitia lomba dan banyaknya hadiah😀
  6. The last but not the least: dengan hadiah total 30 juta, dan sedikitnya team yang ikut, mbok iyao smua peserta, baik yang menang maupun yang tidak, diberi hadiah juga. Itung-itung sebagai penghargaan keikutsertaannya dalam lomba ini (pesan titipan dari team yang tak juara, dapat doorprize pun sama sekali tidak, heuw heuw heuw :malu :kasihannnbetuLL).