Kerjaan menumpuk, seakan tak ada habisnya? Bikin stress tentunya. Bagaimana solusinya? Berikut tips dan trik mengatasi stress karena bejibunnya kerjaan:

  1. Relaks dan enjoy saja
  2. Bikin Prioritas, pilah-pilah kerjaan berdasarkan kategorinya.

Ada dua kategori utama kerjaan yang bisa menjadi penyebab stress : berdasarkan deadline dan berdasarkan berat-ringannya pekerjaan. Kerjaan-kerjaan dengan deadine mepet adalah biang stress. Kerjakan dulu kerjaan semacam ini.

Kategori kedua adalah berat-ringannya kerjaan. Berat ringan di sini adalah secara beban mental. Ada kalanya pekerjaan mudah terasa begitu membebani mental karena berasal dari big boss atau clien utama kantor. Jika ingin bebas dari stress, pastikan selesaikan lebih dulu kerjaan tersebut. Dijamin, beban akan hilang, pekerjaan yang menumpuk akan terasa berkurang banyak dan terasa plong jika “gundhik”nya dah diatasi. “Gundhik” adalah istilah untuk raja rayap yang bertubuh besar dan mengerikan.

  1. Yang terakhir dan paling penting, jangan tunda lagi tuk segera mengerjakan pekerjaan kita. Menunda-nunda pekerjaan hanya akan mengatasi masalah sementara saja. Menunda pekerjaan berarti menabung stress. Berat di akhir.