Cerita ini adalah kisah nyata, pengalaman seorang teman (@Ayie_Sarie) saat nonton langsung final sepakbola Sea Games ke 23 di jakarta beberapa bulan lalu (21 November 2011). Pengalaman ini dishare-nya melalui twitter, dan atas seijinnya saya copy kan di blog ini.

Sengaja saya share di sini untuk menunjukkan bagaimana suasana di dalam stadion waktu ini. Emosi para penonton di dalam stadion tergambar dari twet-tweetnya yang disampaikan lugas, ceplas-ceplos apa adanya🙂.

Langsung baca sendiri saja yaaa…

Ummm..mau bkicauu ah nyampaaahh..😀 Tentang apa yah.. *mikir* ahaaa.. Final #seagames2011 #timnasU23 kmrn ajah deh🙂

Start.. 5PM-21.11.11..Nekad brangkat k SUGBK ama driver, pdhl ga pny tiket..bonek aj,kali masi ada yg kelebihan tiket calo lebih tepatnya

Ngajakin si @fathnia sih..tapi doi ga mau, mau pulang ajah katanya.. (Payah).. Terus inpoh kalo jalanan udaa macet dan ujan.. *+galau* (2)

Pas brangkat tuh jalanan emang uda macet banget..tapi masi wajar.. Pas sampai depan BPK nih, mulai lah ketidakwajaran dimulai.. (3)

Bener2 pamer bgt.. puteran arah senayan ituh, stuck bgt.. Ora iso jalan babar blass.. suporter itu ribuan,yg jalan,motoran,mobilan… (4)

Suporter yg jalan saking ga sabar kali y, manjat jembatan puteran senayan itu.. Wow *ngiri gw liat nya,pengen ikutan.. Biar cepet gituh (5)

Ada yg ngbuat heran,suporter2 yg naek taxi ituloh,ud tau macet,bukanny turun gituh,jln aj toh byk yg jalan jg..Malah ngejedot aj d dlm.. (6)

Doing nothing..argo uda 100an gt.. Deeuh manjanya..Buang2 waktu aj di dalem taxi.. Kalo gw sih uda turun dr kpn tau.. Ga efektif blass!! (7)

Okey abaikan tweet sebelumnya *fokus*😀 Nyampe d tengah2 jembatan tuh,yg naek motor mulai rusuh.. Gara2 jln arah sebaliknya tu sepi bgt (8)

Karna gda kendaraan yg lwt d jalur sebelah,motor2 mulai beraksi.. Diangkatlah tu motor ksebelah *niat* bahu mbahu,angkat2an motor dah tu (9)

Yg enak sih yg rombongan,angkatnya ga terlalu ‘ngoyo’..Yg cm sndiri itu,musti minta tlg or nunggu pengendara laen yg sendiri jg,gantian (10)

Bisa dibayangkan crowdednya supa dupa ga wajar.. Bukan tambah beres ya,, yg ada malah tambah semrawut awut2an ga jelas blass.. (11)

Puncaknya, para motor itu parkir semua semau2nya.. Jalan arah sebaliknya jadi parkiran mendadak, saking ga bisa lewat.. -_-” (12)

Pokoknya dr JCC ampe Pintu masuk SUGBK itu pun uda jadi parkiran.. Haisshh.. Emosi senewen mangkel campur aduk karna ga bisa masuk.. (13)

Dr puteran jembatan jcc-senayan itu gw sejam lbh..Jam7 baru bs masuk k dalem.. Dan di dalem tuh uda masyaAlloh bgt.. Gda space buat jln (14)

Antara yg pgn masuk k stadion, yg jualan, yg numpang nampang, yg pasrah nobar, yg kecapean mau pingsan etc lah.. Huahh.. Sumpah penuh (15)

Yg bw tiket aj ga bisa masuk.. Parah.. Dan gw ud mulai panik disko.. Sama skali gada calo tu..Sisupir pun uda hampir nyerah nyari calo..(16)

Uda lobby polisi juga kaya yg d kerjain adeknya @fathnia tuh.. Ehhh ga bisa jg, karena uda over parah..😦 pengen nangis dah.. (17)

Mn para suporter uda anarkhis.. Pintu2 mulai d jebol, lari2 ga karu2an..nyerobot msk d sektor 16.. Maybe itu yg jd ada korban ke injek2 (18)

Uda mulai pasrah deh,uda mau mulai dan gw blm dapet tiket.. Uda bpikir,ikutan yg nobar ajah d layar tancep.. Yg penting d GBK gituh.. (19)

Pas uda mau cabz dr sektor 17 tu, mau nntn layar tancep ajah.. Eh tiba2 ada mas mas dtg,nawarin 2 tiket tribun.. Alasanny temenny ilang (20)

Wah..Ud ky malaikat dah tu.. Gella seneng bgt..Tanpa basabasi byr aj tu..Dan bnr loh,dy ga ambil untung.. Bayar 2 tiket dg harga 50k.. (21)

Akhirrrnyaa.. Gw masuk jg.. *Alhamdulilah* dg kawalan superketat dr driver,gw berjuang msk k dalem, kena keringet orang2 *duh ngga bgt (22)

Sampai dlm,kaki uda lemes,pgn pengsan.coz uda kburu cape desek2an..lari lg naek tangga k tribun..kluar kringet dingin..Pucat kt supir. (23)

Dan ga brahir ampe situ trs bs masuk.. Kick off tu gw masi blm bisa masuk..pintu yg msk tepat buat nonton,uda penuh,ga bisa masuk.. (24)

Lari2 lg nyari pintu yg ada celahnya biar bisa msuk.. Dan dapet2 celah tu kira2 di sektor22..empet2an..tangga kbawah tu uda penuh orang (25)

For the 1st time,gw nntn d tribun.. osisi dasar ud bdiri,desek2an dan tetep ajah d dorong2 dari blkg,ampe mau jatuh k depan..Kamfrett (26)

Pas banget gw baru bisa nonton walaupun bdiri dan desek2an ituh, eh si GDC bikin goal.. Huaahh senengnya..gellaa GBK kaya mau rubuh😀 (27)

Selama half 1 itu gw nyaris bdiri trs.. Tapi bruntung ada yg maju apa gmn gitu y,tau2 gw bs duduk d tangga *tetepgabgt* tp ya lumayan (28)

Half 2 tuh gw baru bisak tengah2 kursi penonton.. Bisa duduk manis dan bernafas agak normal,dan menonton dengan fokus plus semangat 45 (29)

Half 2 tuh gw baru bisak tengah2 kursi penonton.. Bisa duduk manis dan bernafas agak normal,dan menonton dengan fokus plus semangat 45 (29)

5 hal yg gw senewen pas nonton ini.. 1»pintu masukny loh sempitny g wajar..Klo posisi ga lautan orang ky kmrn sih ga apa,lah ini #parah (30)

2» uda tau ya ni stadion penuh, panas, gerah, desek2an, keringet pula, dg egoisnya masi sempet gt merokok.. #parah #kejam (31)

3»ortu plis be wise donk..Ngajak anak d bwh 4th k stadion yg super crowded itu #parah#kejam..Dmn hatimu sbg ortu?Nntn drumah aj sih (32)

4»Yg ngga banget,pas jeda istirahat ituloh, ada vidklip si farhat dkk d scoreboard.. Lebay banget..penteeng yaaa? Kga ada bagus2nya (33)

Mending jg yg capture candid penonton2 yg lain di scoreboard,lucu2 gt penonton ga sadar tau2 ada mukanya d scoreboard.. Lebih mnikmati (34)

5» yak ini yg bikin senewen jugah.. Okto d kartu..ishh sebel.. Pengen tak toyor itu wasit.. Kamfretttt.. (35)

Suasana d tribun tuh rusuh bgt..2 goal offside, wasit yg nyeleneh.. Sorak2 yel2, ‘anjeeng’ ama ‘wasitgoblok’ tu sering bgt..Ramee abez (36)

Tapi tetep yg bikin teriakan jd semangat juga tu teriakan se GBK sorak ‘tibo tibo tibo’ pas siy titus bonai dapet bola.. Kereenn.. (37)

  Suasana mulai mencekam (lebay dikit pemirsa :D) pas penalti.deg2an nya ga wajar.Rata2 k2 tangan suporter posisi bdoa sambil nutup mulut (38)

Dan pas penalti trahir si dewa lepas bolany..Gela itumah se GBK lgsg spechless..Walaupun cm bentar abis tu pd standing aplouse semua (39)

Ttp aj sedih& byk bgt yg meneteskan airmata..Tmasuk gw,ralat gw nangis (╥﹏╥) Bukan lebay,tp bnrn d situ tu suasananya sedih tk.dewa dah (40)

Ada 1 cowo yg samar2 gw denger,ya Alloh cobaan bgt siy buat Indo,mau menang susah banget.. (Sambil mewek sedih jugah) Tambah sedih gw.. (41)

Ampe skitar 15mnt kali gw nangis, ampe driver gw bilang, ayog mbak pulang aj..Jgn sedih lg.. Dg berat, akhirny meninggalkan stadion (42)

Eh pas kluar,masyaAlloh.. Diluar.. Orang uda kaya semut..Mau jalan k parkiran ajah susah..Gmn ga pengsan cb..Uda kaya sMekah gini d GBK (43)

Duh daripada stres ngantri kluar, gw pulang ntar aj dah..ngaso..Eh ditunggu ampe jam 12 ituh antrian ama macet blm beres juga..*killme (44)

Duh daripada stres ngantri kluar, gw pulang ntar aj dah..ngaso..Eh ditunggu ampe jam 12 ituh antrian ama macet blm beres juga..*killme (44)

gw turut berduka cita buat korban meninggal dunia.. Dan yg masi d rawat semoga cepet sembuh..Bruntung gw bawa centeng,jd gw ga knp2.. (46)

 

Ga tau yg salah siapa,yg jls Selaen pintu sempit,byk yg parkir sembarangan,jd space buat jln tbatas..80rb orang lbh..Dan jln cm seuprit (47)

Gmn ga ke injek2,antusias buat msk tu besar bgt,pintu yg kejebol dikit,suporter byk..siapa cepat dy dpt..desek2an.Ga peduli lg laennya (48)

buat plajaran ni.Sfanatik apapun sm sesuatu tdk 1pun sepadan dgn nyawa.mesti extra hati2.g usa ngoyo.Ga bs msk yawda..Ms bs nntn diluar (49)

Sekian pemirsa.. Sampah kicauan saya.. Pegeulll jempol..😀 *spesial tq 4 mydriver for save me🙂 #abaikan+jgn d bata kalo mganggu :p -end-

Duuhh..parah deh kmrn.. Tp nasionalis tu baru krasa bnr kmrn

ada loh suporter, yg bdiri terus d pager penonton, telanjang, badan sebelah merah sebelah putih.. Tetep bdiri ampe akhir Itu kereeen..

Ada juga suporter, pake highhills pake tas model2 LV, pake baju mini, gandeng cownya yg pk atribut..Mau nntn bola apa fashion show sbnrnya..

suporter alayers beda lg,triak2 ‘woi alay woi alay, kartu merah/kuning woi, anjeeng wasit, alay..Diego2’ » Umm gw jd pgn ngasi cermin..

itu alayers treak2 anjeeng anjeeng wasit, muncrats..scara berbehel jd ujan lokal k gw..kamfrettt.. Emosi gw jadinya.. Terus gw bilang..

Woooi anjeeeng muncraatss… Dan merekapun, sportif bilang, sorry kak,, emosii.. Okayy gw maklumi.. Dan akhirnya ketawaa.. :hammer

Dan yg paling lucu ituh, pas timnas malay cedera yg ampe d gotong kluar lapangan, ituh kompak se Gbk bilang, ‘Laillahhaillauloh’ =))

Tapi tetep yg ngga banggetz ya vid farhat cs ituh.. Ntah hapa2,, pengen tak jambak, kasi oseng2 sendal, or apalah.. Noraaakkk

Tapi beneran.. Nonton kemaren itu yg paling2.. Tapi baru beneran berasa nasionalis, Indo banget dah.. Rugi rasanya melewatkan..😀