Banyak yang bertanya apakah pembelian tiket kereta api sudah bisa dilakukan secara online via website layaknya tiket pesawat.

Setelah saya telusuri website PT KAI, saya berkesimpulan bahwa fasilitas reservasi via web masih belum tersedia. Yang ada adalah sistem reservasi tiket yang sudah online, dalam artian: stasiun-stasiun, kantor pos, gerai indomaret dan rail agent yang ditunjuk PT KAI sudah terhubung dalam satu sistem online, sehingga calon penumpang kereta bisa memesan tiket melalui tempat-tempat tersebut dari mana saja.

Dengan sistem online ini, penumpang dari Jakarta tujuan Jogja bisa langsung membeli tiket kereta pulang pergi. Seseorang yang sedang berada di Surabaya bisa membeli tiket kereta jurusan Bandung-Jogja, dan sebagainya.

Bagaimana dengan tiket kelas ekonomi? Beberapa hari lalu saya mencoba membeli tiket kereta ekonomi jurusan Lempuyangan (Jogja) – Jakarta, di stasiun Jatinegara. Dan ternyata saya bisa mendapatkan tiket tersebut. Hanya saja, petugas loketnya mengingatkan bahwa akan lebih terjamin jika kita membeli tiket kelas ekonomi di stasiun pemberangkatan karena jaringannya sering offline.