Mengingatkan teman dan sodara untuk berhenti merokok memang bukan suatu langkah mudah. Niat baik kita untuk melindungi mereka sering dianggap sebagai “serangan”. Bahkan kita sering dibuat jengkel dan marah dengan pertahanan mereka yang kadang justru menyerang balik.

Yang perlu kita tahu, jauh di lubuk hati, mereka ingin berhenti merokok. Saya jamin itu. Kekuatan candu nikotin lah yang mengalahkan keinginan itu.

Para perokok terdiri dari orang-oarang terhormat dan orang-orang berpendidikan tinggi. Ada presiden Amerika di sana. Banyak pula para dokter yang berdiri di antara mereka. Sekali lagi, candu nikotinlah yang luar biasa, membekuk akal sehat dengan telaknya.

Jarang perokok yang berterus terang dirinya ingin berhenti dan tak kuasa melakukannya. Yang ada adalah seribu alasan pertahanan yang disebut rasionalisasi: mencari pembenaran dari tindakan yang tidak benar.

Rasionalisasi legalisasi rokok yang paling populer tak lain adalah nasib petani tembakau dan pekerja pabrik rokok. Mau dibawa kemana mereka jika rokok dibumi hapuskan? “Dibawa ke dunia terang” jawab saya🙂

Dan rasionalisasi yang paling bikin jengkel dan bikin malas kita tuk mengingatkan mereka?

Kami adalah tentara handal
Tak perlu ajari kami cara berperang
Kami adalah martir
Siap mati untuk ibu pertiwi

-sangat heroik-