Saya mengaku sebagai penggemar olahraga lari. Namun ironisnya, baru sekali saya ikut lomba lari, itupun dah kapan tahun waktu masih jadi mahasiswa, tarafnya lokal kampus pulak, cuma 5 k lagi, dan yang paling sedih, gak juara, hahaha.

Nah, tak mau dibilang cuma penggemar palsu, alias pencitraan belaka, daftarlah saya ke event lomba lari 10 K. Yang ngadain lombanya Universitas Indonesia, bertaraf nasional, dengan total hadiah 80 juta rupiah :O.

Sebenarnya saya juga daftar event Jakarta internasional 10 K pada pertengahan tahun 2011, hanya saja entah mengapa pada hari H nya saya batal terjun, jadilah saya cuma sekedar jadi pemburu atribut lombanya saja (kaos dan no peserta ;D).

11 Desember 2011, naik taksilah saya dari Rawamangun menuju kampus UI. Tepat selepas subuh saya sudah bertolak dari Rawamangun untuk mengejar waktu start yang dijanjikan pukul 06.30. Sampai di kampus UI Depok, tepatnya di boulevard kampus, suasana masih suepi, baru terlihat beberapa panitia dan peserta lomba yang melakukan registrasi. Ternyata kampus UI bagian ini tak kalah “mblusuk”nya dari kampus STAN jaman saya masih kuliah dulu, banyak semak dan belukarnya.

Tampak beberapa panitia sedang melayani registrasi peserta: satu orang saja yang melakukan pencatatan dengan laptopnya, dan beberapa yang lain menyiapkan atribut lomba bagi peserta.

Seiring meningginya matahari pagi, suasanan menjadi semakin ramai, para peserta sudah banyak yang datang. Tiga teman saya sesama anggota Stapala (Gokong, Bowass dan Teplok) akhirnya nongol juga. Panitia pun nampak kewalahan melayani registrasi peserta. Kasihan panitianya, dirubungin segitu banyak peserta, hehehe.

Untunglah, pesertanya tak sampai jumlah ribuan, sehingga registrasi bisa diselesaikan meski masih dilakukan secara manual: mencari nama satu-satu di file excel yang didapat dari pendaftaran online sebelumnya.

Hampir jam delapan dan lomba akhirnya dimulai juga. Beberapa atlit nasional nampak berada di garis start terdepan, ada I Gede Karangasem dan juga Supriati Sutono (kenal gak gann? Mereka ini pelari nasional yang ngetop saat saya masih sekolah loh, hehehe).

Selepas start, saya berlari pelan, menghemat tenaga untuk 10 km kedepan. Sementara atlet-atlet profesional yang bisa dikenali dari kostum dan postur tubuhnya yang kurus ceking🙂, langsung melesat jauh kedepan. Buset dah, emang bukan kelas saya, hehehe.

Lintasan lari mengambil jalur lingkar luar kampus UI pada putaran awal (sekitar 5 km), dan untuk selanjutnya jalur yang digunakan adalah lingkar dalam.

Teror Perempuan Bertato Punggung

Dengan nafas tersengal, saya coba tuk berlari stabil. Beberapa pelari berhasil saya lewati, namun sebaliknya, beberapa pelari juga berhasil mendahului saya.
Karena minimnya pengalaman, tak ada patokan kecepatan seberapa yang harus saya pacu. Pelari-pelari yang berada di depan dan yang berhasil mendahului saya adalah patokan satu-satunya. Bahwa saya harus mengejar mereka.

Diantara peserta yang berhasil mendahului saya adalah seorang perempuan bertato di punggungnya. Nampak santai melewati saya, berlari dengan stabilnya melahap lintasan lari yang mulai terik itu.

Buset dah, saya disalib cewek. Ego saya serasa tertampar, maka sayapun berusaha mengejar dan menyalibnya. Namun apa daya, sepertinya cewek itu sudah terlatih berlari 10 K. Dengan pelan tapi pasti, segera saja dia menghilang dari pandangan.

Sementara, langkah kaki saya semakin berat, muka saya terasa panas dan memerah karena asupan oksigen yang terbatas. Selepas setengah jarak lomba, teror yang lain muncul dari belakang. Gokong yang sudah berhasil saya salib pada awal-awal lomba tiba-tiba menyalib saya. Buset nih anak, gak mau kalah ternyata.

Terus saja saya buntutin nih kunyuk dari dekat. Dan beberapa ratus meter sebelum finish, saya sprint cepat, mencoba menyalibnya kembali. Hehehe, kalah panjang langkah dia hingga akhirnya saya berhasil finish didepan kunyuk Sungokong ini :p.

Waktu tempuh saya sekitar 54 menit, terpaut 20 menit dari juara umumnya. Yah maklum, saya bukan atlet yang kerjaannya pasti tiap hari berlatih.

Mahasiswa s3 dan Pemenang yang Kecewa

Pemenang lomba akhirnya diumumkan juga. Seperti yang sudah diperkirakan, juaranya disabet atlet-atlet profesional.

Kategori Putra Professional:

1. I. Gde Karangasem no dada 492, waktu tempuh 35:48.3

2. Bambang no: 490, waktu tempuh 36:11.4

3. Roby Sugara no: 407, waktu tempuh 37:03.5

Yang jadi keheranan saya, dalam daftar pemenang kategori pelajar dan mahasiswa putra, nongol seorang yang gak pantas lagi disebut pelajar atau mahasiswa (mahasiswa s3 mungkin iya, hehehe). Tampangnya tidak bisa bohong bahwa dia sudah sangat “senior”. Memang sih, seleksi dari panitia untuk penentuan peserta kelas lomba sewaktu pendaftaran memang tidak ketat. Semua tergantung pesertanya mau pilih kelas yang mana.

Dan saat pembagian hadiah, tampak seorang atlit yang mendapat peringkat kategori pelajar melakukan tindakan yang tidak simpatik. Dia buang minuman dari sponsor setelah melihat isi amplop hadiah lomba. Sungguh sangat disayangkan, atlit junior sudah money oriented.

Acara yang meriah meski masih banyak kekurangan di sana sini. Salut buat BEM UI yang telah berhasil mengadakan event olahraga bertaraf nasional ini. Semoga event UI 10 K 2012 yang rencananya akan digelar 24 Juni 2012 bisa jauh lebih baik lagi.

Berikut ini poin-poin catatan saya sebagai peserta UI 10 K 2011 yang mungkin bisa bermanfaat untuk panitia kedepannya:

1. Keterlambatan start yang diakibatkan oleh molornya registrasi dan pembagian atribut lomba. Seyogyanya, pembagian atribut lomba bisa dilakukan hari-hari sebelumnya.  Atau paling tidak tersedia banyak meja yang melayani registrasi dan pembagian atribut pada hari H.

2. Panitia mengalami kekurangan stok air minum di garis finish. Kasihan juga melihat beberapa pelari kehausan dan kebingungan mencari air, hehehe.

3. Pencatatan hasil lomba yang masih secara manual mengakibatkan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk merekapitulasi waktu tempuh peserta dan menentukan juaranya. Dengan cara seperti ini, kemungkinan kesalahan penentuan pemenang sangat rentan terjadi.

Hehehe, maaf ya banyak kritiknya. Semoga bisa bermanfaat dah😀.