Lisboa, salah satu kota tertua di Eropa yang terletak di muara sungai Tagus, menawarkan kepada penghuni dan pendatangnya sebuah kehidupan yang autentik: gereja tua di setiap sudut kota, trem kayu yang sudah langka di dunia, dan trotoar jalanan yang terbuat dari mozaik batu alam.

Untuk menjangkau setiap jengkal bagian kota ini, tersedia beberapa moda transportasi umum yang bisa digunakan. Pertama, bus (carris), merupakan moda transpotasi yang paling banyak tersedia. Carris menjangkau semua wilayah kota Lisboa, dari jalan arteri utama, sampai ke gang-gang kecil di sekitar pemukiman.

Yang kedua adalah kereta bawah tanah (subway), yang oleh warga Lisboa sendiri disebut dengan istilah Metro. Terdapat empat line metro, yakni red line (lina vermela), blue line (lina azul), yellow line (lina amarela), dan green line (lina verde).

Moda transportasi berikutnya adalah tram/trem. Ada dua jenis tram di Lisboa, tram kuno yang hanya terdiri dari satu gerbong kecil, dan tram yang lebih modern yang terdiri dari beberapa gerbong lang lebih panjang. Kedua tram ini menggunakan jaringan listrik, mirip seperti KRL di Indonesia, hanya saja, jalur relnyanya berada di tengah-tengah jalan, menjadi satu dengan jalanan kendaraan lainnya.

Tram yang pertama merupakan icon kota lisboa yang populer disebut dengan Electrico. Yang unik dari tram kuno ini adalah aksesoris kayunya, mulai dari lantai, jendela, hingga bangku penumpangnya. Juga cara mengemudikannya, di mana sang masinis mengoperasikan tuas tunggal gas dan rem dengan menggunakan tangan dengan cara duduk manis di sebuah kursi tinggi. Jalur tram ini banyak ditemui di kawasan kota tua Alfama, mengantar penduduk lokal dan para turis menaiki dan menuruni kawasan yang berbukit-bukit itu.

Pilihan alat transportasi lainnya adalah kereta (comboio) yang menghubungkan pusat kota Lisboa dengan kota-kota satelit yang masih berada di wilayah “great Lisboa” seperti Sintra dan cascais.

Tarif

Yang jadi pertanyaan adalah berapa tarif moda-moda transportasi tersebut, bagaimana cara membeli tiketnya, dan jadwal kedatangan/keberangkatannya.

Carris menyediakan dua metode pembayaran tiketnya. Yang pertama dengan cara cash (on board) dengan tarif 1,8 euro. Yang kedua dengan cara zapping, atau mengisi kartu transportasi Lisboa. Dengan cara ini penumpang cukup menempelkan kartu ke mesin zapping di dalam bus, dan otomatis saldo kartu transport-nya akan berkurang sebesar 1,25 euro (lebih murah dari pada tarif on board). Meskipun kita berpindah-pindah jalur bis, kita hanya dikenakan satu kali tarif dengan syarat masih dalam jangka waktu satu jam, hanya saja kita harus tetap zapping/menempelkan kartu setiap kita masuk ke bis. Jika kita mengisi kartu transport dengan satuan tiket (bukan store value) tarif pertiketnya adalah 1,4 euro.

Untuk metro, tarifnya sebesar 1,4 euro sekali jalan (dengan membeli satuan tiket). Dengan store value dan zapping, tarifnya adalah 1,25 euro. Kita bisa berpindah ke line lain tanpa harus membayar lagi, syaratnya kita tidak keluar dari gate stasiun (mirip dengan KRL commuter line di Jakarta). Sedangkan untuk comboio dari Lisboa ke Cascais atau Sintra, tarifnya 2,2 euro sekali jalan.

Moda transportasi tram kuno (elektrico) adalah moda transportasi yang paling mahal jika kita membayar on board, tarifnya adalah 2,85 euro. Hanya saja, jika kita menggunakan zapping (saldo uang dalam kartu) atau satuan tiket (dalam kartu), harganya sama dengan tiket bus.

Bagaimana cara mendapatkan tiket?

Salahsatu cara untuk pembayaran transport adalah dengan menempelkan kartu transport ke mesin/gate. Kita bisa mendapatkan kartu transport (viva lisboa) melalui dua cara: kartu transport temporari yang terbuat dari kertas bisa kita beli di vending machine tiket (seharga 0,5 euro). Kartu transport tersebut selanjutnya bisa kita isi isi dengan sejumlah uang atau sejumlah tiket melalui vending machine tadi. Jika kita membeli sejumlah satuan tiket,  tiket tersebut bisa kita gunakan untuk naik bis, tram atau metro. Jika kita mengisi kartu transport tersebut dengan saldo uang, kita bisa menggunakannya untuk naik kereta, metro, bus, tram, maupun kapal ferry penyeberangan (ke Almada).

Cara kedua dalam mendapatkan kartu transport adalah dengan cara mengisi aplikasi dengan dilengkapi foto identitas diri dan dikirimkan ke pusat pembuatan kartu transport di stasiun metro Marques Pombal atau Saldanha. Kartu yang diperoleh dari aplikasi ini berupa kartu permanen yang mirip dengan kartu ATM yang dilengkapi dengan foto pemegang kartu. Dengan kartu jenis kedua ini, selain bisa diisi seperti halnya kartu model pertama, juga bisa digunakan untuk berlangganan biaya transport secara bulanan. Dengan berlangganan biaya transport secara bulanan sebesar 35,65 euro, kita bisa bebas menggunakan bus, metro, dan tram secara bebas sesering mungkin ke semua tujuan di dalam kota Lisboa.

Jadwal

Menariknya semua informasi mengenai tarif dan jadwal moda transportasi sudah tersedia secara online di alamat situs www.cmt.pt atau www.transporteslisboa.pt. Sebagai tambahan, jika kita bingung mengenai letak tempat tujuan kita, moda yang harus kita pilih, jadwal, dan tarifnya, cukup buka google map di perangkat mobile kita dan ketikkan tempat asal dan tempat tujuan. Semua informasi sudah terintegrasi dengan google map secara actual dan realtime yang meliputi: pilihan moda yang bisa dipakai, jadwal, tarif, dan waktu tempuh.

Di sebagian besar halte sudah tersedia papan petunjuk mengenai waktu kedatangan bus yang akan kita tumpangi. Kita juga bisa mengetahui jadwal bis dengan cara mengirim sms. Di setiap halte terdapat papan petunjuk mengenai kode halte, kode sms, dan nomer yang harus dituju untuk mengirim sms permintaan informasi jadwal bis yang akan lewat.

Jadi, jangan takut tersesat di Lisboa. Jika mentok pun, masyarakat Lisboa yang super ramah dan jago berbahasa Inggris akan siap sedia membantu kita. Yang perlu diingat adalah untuk selalu berhati-hati terhadap barang bawaan kita karena copet banyak berkeliaran di jalur-jalur yang padat dengan turis.

Advertisements